Notification

×

Iklan

Iklan

Lima Amalan Utama di Penghujung Ramadhan Sebagaimana Tuntunan Rosulullah

Kamis, 21 Mei 2020 | Mei 21, 2020 WIB Last Updated 2020-05-22T03:32:23Z

Cak.Subhan


Para ulama mengatakan sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan merupakan fase itqun-minannar atau pembebasan dari api neraka. Sehingga banyak di antara kaum muslimin berlomba-lomba menghidupkan amalan demi meraih fadhillah tersebut.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memberi perhatian khusus di 10 hari terakhir di bulan Ramadhan ini. Beliau memaksimalkan segala bentuk ibadah dan amal saleh. Apa saja amalan yang dianjurkan pada 10 hari terakhir Ramadhan? Berikut 5 amalan utama yang bisa dihidupkan kaum muslimin:


1. Melakukan Iktikaf.

Sebagaimana Hadis dari Ummul Mukminin Aisyah radhiallahu'anha, beliau berkata: "Sesungguhnya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam melakukan iktikaf pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan sampai Allah mewafatkan beliau, kemudian istri-istri beliau melakukan iktikaf setelahnya".


Hadis lainnya dari Aisyah radhiallahu'anha, beliau berkata: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersungguh-sungguh pada sepuluh malam terakhir dengan kesungguhan yang tidak beliau lakukan pada waktu-waktu lainnya". Terdapat pula hadis lain dari Aisyah RA, beliau berkata: "Nabi shallallahu'alaihi wasallam apabila memasuki sepuluh malam terakhir, beliau mengikat sarungnya, menghidupkan malamnya dan membangunkan istri-istrinya (untuk shalat malam)".


Jika di masa pandemik saat ini masjid tidak dibuka untuk umum, maka umat Islam bisa memanfaatkan rumah sebagai tempat iktikaf. Menurut ulama Syafi'iyah, seseorang bisa menggelar permadani atau sajadah lalu di dalam rumah atau membuat panggung kecil atau ruang sebagai pengganti masjid.


 2. Memperbanyak Doa.

Imam Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan, sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa pada setiap waktu, terlebih di bulan Ramadhan, dan terutama lagi pada sepuluh malam akhirnya, di malam-malam ganjilnya.


Adapun doa yang dianjurkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam adalah seperti yang dikabarkan oleh Ummul Mukminin Aisyah RA berikut ini: "Wahai Rasulullah, seandainya aku bertepatan dengan malam Lailatul Qadar, doa apa yang aku katakan? "Beliau SAW berkata, Katakan: "Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwan fa'fu 'anni" (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, dan Engkau menyukai maaf, maka maafkanlah aku".

 

3. Salat Malam (Qiyamullail).

Qiyamul Lail adalah salat malam yang dikerjakan setelah salat fardhu Isya hingga terbit fajar. Di bulan Ramadhan, salat malam ini disebut dengan istilah Qiyam Ramadhan di antaranya salat Tarawih, Witir, Tahajjud dan salat sunnah lainnya. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Siapa yang salat malam di bulan Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap ridha Allah maka akan diampuni dosanya yang telah lalu". (HR. Al-Bukhari dan Muslim)


4. Membaca Al-Qur'an.

Ramadhan merupakan bulan Al-Qur'an karena di bulan inilah Allah Ta'ala menurunkan Al-Qur'an Al-Karim. Sebagaimana firman Allah: "Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)..." (QS. Al-Baqarah: ayat 185) (Baca Juga: Kencangkan Sarung, Berikut Tips 10 Malam Terakhir Ramadhan)

 

Membaca Al-Qur'an di bulan Ramadhan sangat ditekankan Rasulullah SAW. Salah satu keutamaan membaca Quran di bulan Ramadhan adalah dilipatgandakan pahalanya. Jika 1 huruf diganjar 10 kebaikan (rahmat) dari Allah, maka pada bulan Ramadhan, ganjarannya bisa sampai 700 kali lipat.


 5. Bersedekah di Malam Hari.

Rasulullah SAW menyifati bulan Ramadhan dengan 'Syahr Muwasah', bulan untuk saling membantu sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dalam Shahihnya. "Mencari-cari dan memperhatikan fakir miskin dan memenuhi kebutuhan orang yang membutuhkan orang yang membutuhkan adalah ketaatan yang paling utama dan kebaikan yang paling indah."

 

Dalam hadis lain dikatakan: "Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta'ala adalah kebahagiaan yang engkau masukkan ke dalam hati seorang muslim, atau engkau menyingkirkan darinya kesusahanya, atau engkau mengusir rasa lapar darinya, atau engkau melunasi utangnya." (HR At-Thabrani)

Demikian 5 amalan utama di 10 hari terakhir Ramadhan. Semoga kita diberi taufik dan hidayah agar bisa menghidupkannya.

Wallahu A'lam

 


×
Berita Terbaru Update